• HOME
  • DUNIA
  • Wali Kota Chita Rusia Mengundurkan Diri Karena Ingin Ikut Perang

Wali Kota Chita Rusia Mengundurkan Diri Karena Ingin Ikut Perang


Laporan : Arkan Yasin
Selasa, 22 November 2022 - 10:58

Ilustrasi lokasi Kota Chita di Rusia. /Net

Wali Kota Chita-sebuah kota di Rusia, Alesandr Sapozhnikov, Senin (21/11), mengajukan pengunduran diri dengan alasan ingin ikut berperang membela pasukan Rusia.

Keputusan Aleksandr Sapozhnikov dituangkan dalam sebuah posting media sosial, menyatakan, dia bermaksud untuk mendaftar di dinas militer sebagai sukarelawan.

“Sebagai seorang prajurit lintas udara dengan pengalaman tempur, dan juga sebagai warga negara, saya tidak bisa menjauh dari pertarungan penting yang diperjuangkan tanah air kita untuk masa depannya,” tulis veteran prajurit lintas udara itu, seperti dikutip dari RT, Selasa (22/11).

Sapozhnikov menjabat sebagai Wali Kota Chita, yang terletak sekitar 350 km tenggara Danau Baikal, sejak November 2019, ketika badan legislatif setempat memilihnya. Desas-desus bahwa dia akan berhenti pada Senin (21/11) telah beredar di media lokal sejak minggu lalu.

Menurut biografi resmi di kantor wali kota, pria berusia 40-an itu pernah bertugas di pasukan Lintas Udara Rusia sebagai wajib militer antara tahun 1994 dan 1996. Selama waktu itu dia bertempur dalam konflik Kaukasus Utara dan terluka.

Kemudian, dia melanjutkan wajib militer sebagai perwira karir, tetapi mengundurkan diri pada tahun 2009 dengan alasan masalah kesehatan. Dia telah memegang berbagai jabatan publik sejak 2014.

Sejumlah pejabat Rusia telah mengajukan diri untuk berperang di Ukraina sejak negara itu meluncurkan mobilisasi parsial untuk meningkatkan jumlah pasukan.

Sebelumnya, seorang mantan Wali Kota Kota Selatan Krasnodar, anggota parlemen Duma Negara Bagian Yevgeniy Pervyshev, mendaftar pada akhir Oktober. Seperti Sapozhnikov, Pervyshev bertugas sebagai wajib militer pada 1990-an, dan bertempur di Chechnya.

Mantan Kepala Badan Antariksa Rusia, Roscosmos, Dmitry Rogozin telah menjadi figur publik paling menonjol yang bergabung dengan militer sejak konflik Ukraina dimulai. Dia saat ini memimpin unit sukarelawan yang dijuluki Serigala Tsar di Donbass, yang bertugas memberikan bantuan militer dan teknis kepada pasukan.

# TAGAR   :  
EDITOR :
Bagikan Berita Ini :