• HOME
  • DUNIA
  • UE Perpanjang Sanksi Rusia Hingga Satu Tahun ke Depan

UE Perpanjang Sanksi Rusia Hingga Satu Tahun ke Depan


Laporan : Arkan Yasin
Selasa, 21 Juni 2022 - 08:30

Bendera Uni Eropa. /Net

Dewan Uni Eropa memperpanjang sanksi terhadap Rusia atas aneksasi ilegal Krimea dan Sevastopol pada 2014. 

"Keputusan itu memperpanjang tindakan pembatasan yang menargetkan investasi keuangan dan pariwisata dan memblokir impor barang dari Krimea dan Sevastopol selama satu tahun lagi, hingga 23 Juni 2023," demikin pernyataan para menteri luar negeri Uni Eropa, Senin (20/06), dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL.

Langkah-langkah pembatasan ini, pertama kali diperkenalkan pada Juni 2014. Sanksi tersebut termasuk larangan impor produk dari Krimea dan Sevastopol ke UE, investasi di Krimea dan Sevastopol, dan layanan pariwisata di Krimea dan Sevastopol.

Keputusan ini juga termasuk larangan ekspor jenis barang dan teknologi tertentu, termasuk transportasi, telekomunikasi dan energi, serta eksplorasi dan produksi sumber daya minyak, gas dan mineral di wilayah tersebut.

Pada Juni 2014, Dewan Uni Eropa mengadopsi langkah-langkah pembatasan dalam menanggapi aneksasi ilegal Krimea dan Sevastopol oleh Federasi Rusia. Langkah-langkah ini berlaku untuk individu dan perusahaan Uni Eropa yang berbasis di Uni Eropa. Mereka terbatas pada wilayah Krimea dan Sevastopol.

Brussel telah berulang kali menyatakan bahwa Uni Eropa tidak akan pernah mengakui dan akan terus mengutuk pencaplokan Krimea oleh Rusia.

Ini adalah sanksi yang kesekian untuk Rusia dari uni Eropa. Blok itu telah menjatuhkan enam set sanksi terhadap Rusia sejak awal perangnya di Ukraina pada 24 Februari.

# TAGAR   :  
EDITOR :
Bagikan Berita Ini :