• HOME
  • HUKUM
  • Tersangkut Kasus Suap MA, Windy Idol Dicekal ke Luar Negeri

Tersangkut Kasus Suap MA, Windy Idol Dicekal ke Luar Negeri


Laporan : Arkan Yasin
Kamis, 19 Januari 2023 - 19:24

Windy Yunita Ghemary alias Windy Idol. /Net

Penyanyi jebolan ajang Indonesia Idol Windy Yunita Ghemary dicegah tangkal bepergian ke luar negeri oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Kasubag Humas Ditjen Imigrasi, Ahmad Nursaleh, membenarkan pihaknya telah melakukan pencegahan terhadap dua orang agar tidak bepergian ke luar negeri sesuai permintaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

"Atas nama Windy Yunita Ghemary dan Dadan Tri Yudianto sudah masuk dalam daftar pencegahan usulan dari KPK," kata Ahmad Nursaleh kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (19/1).

Nursaleh menjelaskan, pencegahan untuk Windy yang merupakan jebolan Indonesian Idol 2014 dan Dadan selaku penghubung antara Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Hasbi Hasan dengan tersangka Heryanto Tanaka (HT) dalam kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA) mulai berlaku sejak Kamis (12/1) hingga Rabu (12/7).

Sebelumnya, Juru Bicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri mengumumkan telah melakukan pencegahan terhadap dua orang dalam perkara suap di MA.

"Untuk kebutuhan proses penyidikan, betul, saat ini KPK melakukan cegah bepergian keluar negeri terhadap dua orang wiraswasta," kata Ali kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis sore (19/1).

Ali menjelaskan, kedua orang tersebut diduga memiliki pengetahuan terkait dengan perkara yang menjerat Hakim Agung Sudrajad Dimyati (SD), Hakim Agung Gazalba Saleh (GS) dkk. 

"KPK berharap keduanya kooperatif hadir untuk setiap penjadwalan pemanggilan yang disampaikan tim penyidik. Langkah cegah ini pertama untuk waktu enam bulan bagi keduanya dan dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan selama proses penyidikan berlangsung," pungkas Ali.

# TAGAR   :  
EDITOR :
Bagikan Berita Ini :