Terlalu Mirip Polisi, Seragam Satpam Akan Diubah Lagi


Laporan : RMOLNETWORK
Kamis, 13 Januari 2022 - 09:21

Awalnya, pakaian seragam satuan pengamanan, sengaja dibuat mirip dengan pakaian polisi. Dengan warna coklat muda untuk baju atasan dan coklat tua pada baju bawahan. Plus tanda kepangkatan yang terbuat dari kain dan logam di pundak kanan dan kiri.

Alasannya, untuk menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai profesi yang mengemban fungsi kepolisian terbatas, serta menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri, sebagai pembinanya.

Namun dalam praktiknya, seragam yang hampir mirip itu justru membuat bingung  masyarakat. Sulit membedakan, mana Satpam dan Polisi. Atas alasan itu, Polri berencana bakal kembali mengubah warna seragam Satpam.

“Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan di Jakarta, Rabu (12/1).

Ahmad mengatakan, Satpam yang mengemban fungsi kepolisian terbatas perlu identitas tersendiri yang berbeda dengan Polri sebagai institusi yang membinanya.

“Proses pengkajian masih dilakukan oleh pihaknya. Warna seragam yang baru akan diperkenalkan saat Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam,” ujar Ahmad Ramadhan.

Sekedar informasi, seragam coklat Satpam yang mirip polisi itu  diatur melalui Peraturan Kepolisian No 4/2020 tentang Pengamanan Swakarsa yang diundangkan pada 5 Agustus 2020.

Merujuk pada beleid Perkap 4/2020, terdapat sejumlah penyesuaian baru bagi anggota Satpam. Misalnya, kini anggota Satpam memiliki kepangkatan berjenjang yang terbagi menjadi tiga golongan. Kemudian, terdapat batas umur bagi anggota Satpam untuk pensiun.  

# TAGAR   :  
EDITOR :
Bagikan Berita Ini :