Solar Langka di Seluruh Sumsel, Antrian Mengular di SPBU


Laporan : RMOLNETWORK
Selasa, 29 Maret 2022 - 12:03

Antrian kendaraan membeli solar di SPBU di Sumsel./RMOLSumsel

Kelangkaan pasokan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar, masih terus terjadi di beberapa daerah. Bahkan di Provinsi Sumatera Selatan, antrian panjang masyarakat untuk mendapatkan solar terjadi di semua daerah.

Kondisi itu mendapat sorotan tajam dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Selatan Mgs Syaiful Padli. Ia menilai, pemerntah tidak serius dalam mengatasi persoalan BBM untuk rakyat ini.

“Setelah kelangkaan minyak goreng, sekarang kelangkaan minyak solar. Artinya Pemerintah ini tidak serius mengurusi rakyatnya. Kalau mekanisme ini benar, harusnya tidak terjadi antrian,” ujar Syaiful Padli, dikutip Kantor Berita RMOLSumsel, Senin (28/3).

Sekretaris Fraksi PKS DPRD Sumsel ini, mengatakan, beberapa waktu lalu ia telah melakukan pengecekan ke Pertamina dan mendapatkan jawaban bahwa Pertamina mendistribusikan solar di Sumsel telah sesuai kuota.

“Tapi faktanya di lapangan kuota ini dikurangi. Ini terbukti beberapa SPBU yang menjual solar tapi solarnya tidak ada. Ini mengakibatkan antrean panjang di masyarakat,” ujar dia.

Anggota DPRD dari Dapil Sumsel I Kota Palembang itu meminta pemerintah untuk lebih memperhatikan ketersediaan bahan bakar tersebut.

“Bila perlu, ada operasi pasar dari Pertamina,” tegasnya.

Dikatakan Syaiful, solar adalah salah satu BBM yang mendapat subsidi dari pemerintah. Tapi minimnya pengawasan dan sanksi membuat subsidi tersebut dinikmati oleh mereka yang tidak berhak. 

“Buktinya terlihat banyak antrean mobil mewah (isi solar) di situ. Ini kan karena tidak adanya kontrol dari pemerintah. Jadi operasi pasar terhadap kelangkaan solar ini harus segera dilakukan Pertamina,” tandas Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumsel ini.

# TAGAR   :  
EDITOR :
Bagikan Berita Ini :