• HOME
  • HUKUM
  • Serahkan Diri ke KPK, Sudrajad Dimyati Sempat Sowan ke Ketua MA

Serahkan Diri ke KPK, Sudrajad Dimyati Sempat Sowan ke Ketua MA


Laporan : Arkan Yasin
Sabtu, 24 September 2022 - 09:25

Ketua Kamar Pengawasan MA, Zahrul Rabain. /Repro

Hakim Agung Sudrajad Dimyati (SD) ternyata sempat sowan dengan Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin, sebelum menyerahkan diri ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Ketua Kamar Pengawasan MA, Zahrul Rabain mengungkapkan hal tersebut. Hakim Agung Sudrajad yang merupakan 1 dari 10 tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan perkara di MA menemui Ketua MA sebelum menyerahkan diri ke KPK pada Jumat siang (23/09).

Menurut Zahrul, Hakim Agung Sudrajad mempunyai niat baik dan kooperatif datang ke KPK setelah pada Jumat dinihari (23/09), setelah diumumkan sebagai tersangka bersama 9 tersangka lainnya.

"Tapi karena dia punya atasan tentu dia melapor dengan atasannya bahwa dia dipanggil untuk datang ke KPK. Maka Ketua Mahkamah Agung (MA), memberikan saran supaya kooperatif, silakan datang ke KPK," kata Zahrul kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat sore (23/09).

Ketua MA, kata Zahrul, juga sempat menanyakan duduk persoalan yang menjerat Hakim Agung Sudrajad, dan siapa saja yang terlibat dalam perkara suap yang ditangani KPK ini.

"Namun pada prinsipnya dia datang pagi itu adalah untuk menyampaikan bahwa dia dipanggil oleh lembaga KPK ini untuk perkara ini. Dia cuma sowan lah dengan pimpinannya untuk berangkat ke sini," pungkas Zahrul.

Sebelumnya, KPK telah mengumumkan 10 orang sebagai tersangka usai melakukan kegiatan tangkap tangan pada Rabu (21/09). Kesepuluh orang tersangka itu resmi diumumkan oleh Ketua KPK Firli Bahuri pada Jumat dinihari (23/09).

Ada pun 10 orang yang ditetapkan tersangka, yakni Sudrajad Dimyati (SD) selaku Hakim Agung pada MA; Elly Tri Pangestu (ETP) selaku Hakim Yustisial atau Panitera Pengganti MA; Desy Yustria (DY) selaku PNS pada Kepaniteraan MA; Muhajir Habibie (MH) selaku PNS pada Kepaniteraan MA; Nurmanto Akmal (NA) selaku PNS MA; Albasri (AB) selaku PNS MA.

Selanjutnya, Yosep Parera (YP) selaku pengacara; Eko Suparno (ES) selaku pengacara; Heryanto Tanaka (HT) selaku Debitur Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Intidana (ID); dan Ivan Dwi Kusuma Sujanto (IDKS) selaku Debitur KSP ID.

# TAGAR   :  
EDITOR :
Bagikan Berita Ini :