• HOME
  • HUKUM
  • Sambangi Kejagung, Erick Thohir Serahkan Bukti Korupsi Garuda

Sambangi Kejagung, Erick Thohir Serahkan Bukti Korupsi Garuda


Laporan : RMOLNETWORK
Selasa, 11 Januari 2022 - 15:37

Menteri BUMN Erick Thohir./Net

Pasti tidak main-main. Sekelas Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) turun langsung menemui penegak hukum. Erick Thohir ingin dugaan korupsi di maskapai Garuda Indonesia di usut tuntas.

Pada Selasa (11/1) sekitar pukul 11.30 WIB, Erick tiba di Gedung Kejaksaan Agung di Kebayoran, Jakarta Selatan. Ia kemudian memasuki ruangan Gedung Tindak Pidana Khusus Kejagung.

"Kami serahkan bukti-bukti untuk investigasi, bukan tuntutan. Karena sekarang eranya bukan menuntut, tapi harus ada buktinya," ujar usai bertemu Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Data yang diberikan Erick Thohir adalah untuk kepentingan penyelidikan kasus dugaan korupsi pengadaan pesawat ATR 72-600 di PT Garuda Indonesia. Data itu sebagai pelengkap penyelidikan yang dilakukan Kejagung.

"Garuda ini sedang tahap restrukturisasi tetapi yang sudah kita ketahui juga secara data-data valid memang dalam proses pengadaan pesawat terbangnya, leasing-nya itu ada indikasi korupsi dengan merek yang berbeda-beda," kata Erick.

 Erick mengatakan, BUMN kini tengah menjalankan program transformasi bersih-bersih BUMN, sehingga dilakukan sinkronisasi data untuk setiap kasus yang sedang dikerjakan Kejagung.

"Sinkronisasi yang dilakukan sejak awal kami rasakan manfaatnya, karena tidak mungkin transformasi BUMN dilakukan jika tidak bekerja sama dengan kejaksaan, apalagi program bersih-bersih BUMN ini," katanya.

Untuk kasus dugaan korupsi pengadaan pesawat di Garuda ini, Erick menyerahkan data audit pemerintah dilakukan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Proses penyelidikan kita lengkapi dari data BPKP, untuk (kasus dugaan korupsi pengadaan pesawat) ATR 72-600. Ini bagian dari yang ingin kita selesaikan," demikian Erick.

# TAGAR   :  
EDITOR :
Bagikan Berita Ini :