• HOME
  • DUNIA
  • Rusia Ingatkan Negara Barat Jangan Kirim Jet Tempur F-16 ke Ukraina

Rusia Ingatkan Negara Barat Jangan Kirim Jet Tempur F-16 ke Ukraina


Laporan : Arkan Yasin
Minggu, 21 Mei 2023 - 11:21

Jet tempur F-16. /Net

Rusia mewanti-wanti kepada negara-negara Barat agar tidak memasok jet tempur F-16 ke Ukraina. Bila itu dilakukan maka Rusia mengancam ada risiko kolosal terhadap pebuatan itu.

Ancaman Rusia itu menanggapi pernyataa Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang mengumumkan dukungan AS terkait pengiriman bantuan pesawat tempur. 

Ada pun peringatan dari Rusia disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Grushko ketika para pemimpin G7 bertemu untuk hari kedua untuk KTT di Hiroshima, Jepang, Sabtu (20/5).

“Ini melibatkan risiko kolosal untuk diri mereka sendiri. Bagaimanapun, ini akan diperhitungkan dalam semua rencana kami, dan kami memiliki semua sarana yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah kami tetapkan,” kata dia dikutip dari Reuters.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah lama menekankan perlunya jet F-16, tetapi AS sebelumnya ragu untuk menyediakannya. Pesawat tempur dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan suara dua kali lipat dan dapat terlibat dengan target di udara dan di darat.

Namun Biden sekarang telah memberi tahu sekutunya bahwa pihaknya memungkinkan untuk sumbangan pesawat canggih ke Ukraina. Biden, yang menghadiri G7 bersama anggota lainnya, juga mengumumkan pelatihan untuk pilot Ukraina.

Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak menyambut baik keputusan Biden tentang jet tempur F-16, setelah sebelumnya mendesak sekutu untuk menyediakan jet tersebut kepada presiden Ukraina.

# TAGAR   :  
EDITOR :
Bagikan Berita Ini :