• HOME
  • POLITIK
  • Rocky Gerung: Presidensial Threshold Nol Persen Selaras dengan Gagasan Awal Demokrasi

Rocky Gerung: Presidensial Threshold Nol Persen Selaras dengan Gagasan Awal Demokrasi


Laporan : RMOLNETWORK
Selasa, 4 Januari 2022 - 14:21

Rocky Gerung

Mengingat kembali sejarah, ketika Plato melahirkan gagasan tentang demokrasi di Athena, Yunani, ratusan tahun silam, ia percaya setiap warga negara punya kemampuan etis yang sama untuk mewakili warga negara yang lain.

"Jadi saya ingat kembali Plato, di awal sejarah demokrasi Athena. Ia tidak mempersoalkan siapa yang akan terpilih melalui elektabilitas. Enggak ada survey di situ. Karena bagi Plato, setiap warga negara punya kemampuan etis yang sama untuk mewakili warga negara yang lain," ujar Rocky.

Dalam konteks ini, Rocky mengatakan, ambang batas pencalonan presiden atau Presidensial Threshold memang harus dihilangkan alias nol persen. Dengan demikian, akan tercipta kompetisi yang bebas dan adil karena berangkat dari garis start yang sama.   

"Itu teori representasinya tuh. Jadi kalau kita bilang (Preshold) nol persen sekarang, itu ide dari awal demokrasi," imbuh dia.

Sebenarnya, jika penyelenggara pemilu mau, tidak sulit untuk menghapuskan ambang batas presiden tersebut demi lahirnya kepemimpinan yang ideal dan representatif.

"Karena kita percaya manusia itu kalau dia bisa bercakap-cakap secara etis dan argumen yang baik ya enggak kita curigai. Tapi justru demokrasi itu memperlihatkan pemburukan karena yang punya amplop tebal mendahului yang punya otak tebal. Nah itu bahayanya tuh," pungkasnya.

# TAGAR   :  
EDITOR :
Bagikan Berita Ini :