Puasa Tahu Tempe Tiga Hari


Laporan : RMOLNETWORK
Senin, 21 Februari 2022 - 19:46

Ilustrasi./Net

Mulai hari ini, Senin (21/2) hingga Rabu (23/1) mendatang, warga di beberapa daerah harus menjalani ‘puasa tahu tempe’. Setidaknya, untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan Tangerang (Jabodetabek). Pasalnya, ribuan produsen di jabodetabek menggelar aksi mogok produksi.

Kata Ketua Koperasi Produsen tahu Tempe Indonesia (Kopti) Jakarta Pusat, Khairun, aksi mogok produksi ini diikuti seluruh perajin tahu tempe di wilayah Jabodetabek. Langkah itu sebagai bentuk protes atas melonjaknya harga kedelai impor, bahan baku utama pembuat dua produk pangan itu.

"Semua produsen di Jabodetabek tutup. Kalau tidak ditutup akan di-sweeping oleh teman-teman kita juga. Karena aksi tutup ini serentak dilakukan," kata Khairun diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta, Senin (21/2).

Ia mengatakan, aksi mogok produksi ini sebenarnya langakh yang terpaksa. Pihaknya ingin agar pemerintah, terutama Kementerian Perdagangan segera mengambil tindakan atas kelangkaan pasokan dan meroketnya harga kedelai yang telah terjadi beberapa waktu belakangan.

Para pengrajin tahu tempe berharap, Kemendag mengambil langkah cepat dan memberikan solusi untuk menstabilkan harga kedelai impor yang saat ini sudah mencapai harga Rp12 ribu per kilogram di tingkat perajin. Jauh diatas kisaran harga normal  yang hanya Rp 9.500 sampai Rp 10 ribu per kilogram.

"Kalau dijual dengan harga biasa, kami tidak dapat untung bahkan rugi. Kami ingin agar Pemerintah mendengar, konsumen juga mengetahui bahwa tahu tempe mahal karena bahan bakunya sudah naik," demikian Khairun.

# TAGAR   :  
EDITOR :
Bagikan Berita Ini :