• HOME
  • DUNIA
  • PM Singapura Dukung Sikap Asean Kucilkan Myanmar

PM Singapura Dukung Sikap Asean Kucilkan Myanmar


Laporan : Sultan Nabil Herdiatmoko
Minggu, 16 Januari 2022 - 20:35

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong./Net

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong mengatakan Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) harus terus mengecualikan junta Myanmar dari pertemuannya, sampai rezim itu bekerja sama dalam rencana perdamaian yang disepakati.

Dalam panggilan video dengan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Lee mengatakan, Asean harus mengundang perwakilan non politik Myanmar ke pertemuannya. Lee meminta setiap keputusan untuk mengubah itu harus didiskusikan oleh rekan Asean lainnya.

Dikatakan PM Singapura, setiap keterlibatan dengan Myanmar perlu melibatkan semua pihak yang berkepentingan, termasuk partai penguasa yang digulingkan peraih Nobel Aung San Suu Kyi.

Terlepas dari komitmen perdamaian Myanmar, Lee mengatakan,  junta militer telah melakukan serangan lebih lanjut terhadap lawan politiknya dan menjatuhkan hukuman penjara lebih lanjut terhadap Suu Kyi.

Panggilan telepon itu terjadi menyusul kunjungan kontroversial PM Kamboja Hun Sen ke Myanmar pada pekan lalu. Dalam kunjungan itu Hun Sen melakukan pembicaraan dengan Jenderal in Aung Hlaing, pemimpin junta yang dikeluarkan dari pertemuan puncak Asean karena dianggap gagal menjalankan komitmennya terhadap lima poin kesepakatan dengan Asean untuk mengakhiri permusuhan dan mengizinkan dialog setelah kudeta tahun lalu.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Malaysia, Saifuddin Abdullah, juga melontarkan pernyataan serupa. Ia mengatakan, beberapa anggota Asean merasa Hun Sen seharusnya mendiskusikan rencana perjalanannya kepada kolega Asean, karena kunjungan itu dapat disalah artikan sebagai pengakuan terhadap junta.

Kamboja pada Rabu lalu terpaksa menunda rencana pertemuan perdana sebagai Ketua Asean karena beberapa Menteri Luar Negeri telah menyatakan kesulitan untuk hadir.

Pernyataan Lee juga datang beberapa hari setelah Menteri Luar Negeri Kamboja, Prak Sokhonn mengatakan di halaman Facebook-nya bahwa Singapura mendukung pendekatan Kamboja terhadap krisis Myanmar.

# TAGAR   :  
EDITOR :
Bagikan Berita Ini :