• HOME
  • PUBLIKA
  • Peringati HKBN, BPBD Kabupaten Bekasi Latihan Vertical Rescue

Peringati HKBN, BPBD Kabupaten Bekasi Latihan Vertical Rescue


Laporan : RMOLNETWORK
Selasa, 27 April 2021 - 09:37

BPBD Kabupaten Bekasi/Ist

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) tingkat Kabupaten Bekasi, dengan latihan dan simulasi dalam menghadapi bahaya banjir maupun gempa bumi.

"Kita diminta untuk menyiapkan video simulasi yang akan dikirimkan Kabag provinsi dan BNPB dengan tema yaitu evakuasi water rescue dan vertical rescue yaitu adanya bencana banjir dan gempa bumi yang dari bangunan proyek," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi, Hendri Lincoln mengatakan, Senin (26/4).

"Ya begitu aja ini simulasinya kita buat di distrik satu meikarta untuk yang bangunan proyek akibat gempa bumi," imbuh Hendri. 

Sedangkan pada pukul 10.00 WIB, pihaknya membunyikan gentongan serentak yang merupakan rangkaian kegiatan HKBN bahwasanya, untuk latihan evakuasi mandiri segera menuju tempat aman agar semuanya siap dan selamat dari bencana. 

"Kepala BNPB meminta secara serentak semua kepala daerah mengajak masyarakat untuk membunyikan gentongan sirine maupun bunyian dalam rangka peringatan HKBN," terangnya. 

Kemudian Water Rescue telah dilakukan di Situ Binong, menurut dia semakin sering latihan ini memudahkan BPBD melakukan tugas, upaya pihaknya di BPBD Kabupaten Bekasi sudah siap dalam menanggulangi bencana dilapangan.

"Ya kalo harapannya si seperti yang diamanatkan dalam litigasi langsung mereka tuh selisih disana tiap tahunnya persentasenya ya semakin tahun semakin berkurang persentase dari kerugian kewaspadaan bencana," tandasnya. 


EDITOR :