• HOME
  • POLITIK
  • Para Oligarki Akan Terus Berusaha Menjegal Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

Para Oligarki Akan Terus Berusaha Menjegal Anies Baswedan Maju Pilpres 2024


Laporan : Arkan Yasin
Selasa, 5 Juli 2022 - 14:05

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dianggap akan jadi ancaman bagi oligarki ketika ikut bertarung di Pilpres 2024. /Net

Pengamat memprediksi para oligarki akan terus berusaha menjegal Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk maju di kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Sebab Anies dianggap sebagai sosok yang menjadi ancaman bagi para oligarki.

Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam, menilai bahwa ancaman yang akan terjadi apabila Anies maju pada Pilpres 2024 adalah keterbelahan dukungan, kalau kandidatnya masih sama seperti pada saat Pilgub DKI Jakarta lalu.

Saiful Anam menanggapi hasil RMOLVote "9 Capres 2024" di mana Anies berada di urutan ketiga dengan perolehan 13.708 dukungan atau 16,7% dari total dukungan sebanyak 82.093 pemilih.

"Tentu cebong dan kadrun akan kembali menggema apabila kandidatnya Anies melawan kandidat dari parpol yang kontra terhadap Anies," kata Saiful kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (05/07).

Keterbelahan itu, kata Saiful, akan semakin tampak apabila kandidatnya sama dari unsur-unsur atau pihak yang kontra terhadap Anies.

Ancaman lainnya adalah semakin panasnya kondisi perpolitikan bangsa, mengingat akan banyak oligarki yang mencoba bermain dan masuk ke segala lini. Termasuk mencoba menggulingkan Anies.

"Saya kira akan banyak ancaman oligarki yang menginginkan Anies tidak terpilih atau ditumbangkan. Akan panas, namun akan cenderung menarik apabila kandidatnya sepadan dengan Anies. Meskipun bisa juga Anies berpotensi kalah kalau tidak didukung dengan infrastruktur politik yang memadai," pungkas Saiful.

# TAGAR   :  
EDITOR :
Bagikan Berita Ini :