• HOME
  • DUNIA
  • Negosiasi JCPOA Mandeg, Uni Eropa Berupaya Cari Jalan Tengah

Negosiasi JCPOA Mandeg, Uni Eropa Berupaya Cari Jalan Tengah


Laporan : Sultan Nabil Herdiatmoko
Minggu, 8 Mei 2022 - 09:35

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell /Net

Uni Eropa tengah berusaha mencari jalan untuk menuntaskan kesepakatan non poliferasi nuklir Iran atau Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA), dan memecah kebuntuan negosiasi yang telah terjadi selama 12 bulan. Pencabutan Garda Nasional Iran (IRGC) dari daftar teroris (FTO) AS, menjadi hambatan penuntasan kesepakatan itu.

Kepada Financial Times, Sabtu (7/5), Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan, negosiator Uni Eropa Enrique Mora akan mengunjungi Teheran untuk membahas masalah ini.

Pihaknya tengah mempertimbangkan tawaran skenario di mana IRGC dapat dicabut dari daftar organisasi teroris  AS, tetapi beberapa bagian lain dari organisasi dan kerajaan bisnis tetap masuk dalam daftar tersebut.

Negosiasi JCPOA di Wina mandek, meski kesepakatan itu disebut telah mencapai tahap akhir. Kebuntuan terjadi sejak Maret, dimana Iran enggan melanjutkan kesepakatan jika IRGC tidak dikeluarkan dari daftar organisasi teroris milik AS.  

Borrell mengatakan, negosiator pihaknya tidak akan memberikan ultimatum kepada Iran. Ia juga mengeluh sinyal dari Iran yang enggan melanjutkan pembicaraan untuk menghidupkan kembali JCPOA.

Pada pekan lalu, Pemimpin Iran menyatakan, negaranya tidak terburu-buru untuk menghidupkan kembali pakta nuklir 2015 itu.

Di bawah JCPOA, Iran setuju untuk membatasi program pengembangan nuklirnya. Sebagai imbalan, Iran akan mendapatkan keringanan sanksi ekonomi dari AS yang selama ini mencekiknya.

# TAGAR   :  
EDITOR :
Bagikan Berita Ini :