• HOME
  • POLITIK
  • Menkeu Singapura Temui Prabowo, Ini Makna yang Tersirat

Menkeu Singapura Temui Prabowo, Ini Makna yang Tersirat


Laporan : Arkan Yasin
Rabu, 18 Mei 2022 - 07:02

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyambut kedatangan Menteri Keuangan Singapura HE Lawrence Wong. /Ist

Pengamat Hubungan Internasional Dinna Prapto Raharja menilai pertemuan Menteri Keuangan (Menkeu) Singapura HE Lawrence Wong dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo untuk mencari tahu posisi politik luar negeri Indonesia.

Yakni, terkait urusan pertahanan keamanan maupun ekonomi. Hal ini penting bagi Singapura lantaran Singapura merupakan negara yang selalu ingin selangkah ke depan dibandingkan dengan negara-negara lain.

"Kedua bidang ini dalam perspektif Singapura tidak bisa dipisahkan (alias saling berkelindan)," kata Dinna kepada wartawan, dikutip dari RMOL.ID, Rabu (18/05).

Dinna yang juga Pendiri Synergi Policies ini mengatakan, posisi Prabowo Subianto tidak bisa dilihat hanya sebatas seorang menteri pertahanan RI semata namun dia mampu memengaruhi kebijakan negara-negara lain terhadap beberapa isu dunia.

"Bisa dilihat sebagai peranannya memengaruhi posisi luar negeri Indonesia dalam situasi kawasan yang didesak untuk berpihak dalam isu Ukraina-Rusia, AS-China, dan dampaknya pada kerja sama pemulihan ekonomi pasca pandemi," kata Dinna.

Selain itu, Lawrence Wong yang baru saja menjadi Menteri Keuangan Singapura, merepresentasikan kedatangannya menemui Menhan Prabowo sebagai perwakilan negara Singapura untuk membahas isu strategis kedua negara tersebut.

"Ini menunjukkan bahwa Lawrence bukan hanya berkunjung dalam kapasitasnya sebagai Menkeu tetapi sebagai calon pemimpin Singapura," jelas Dinna.

Sebelumnya, dalam pertemuan antara Menkeu Singapura Lawrence Wong dengan Menhan Prabowo di Jakarta, membahas berbagai kerja sama dan mengeratkan kembali silaturahmi kerja negara.

“Indonesia memandang Singapura sebagai negara sahabat dan mitra strategis yang penting, salah satu negara tetangga terdekat yang memiliki arti penting bagi kepentingan nasional maupun kepentingan regional Indonesia,” kata Menhan Prabowo Subianto.

Menhan Prabowo optimistis kerja sama pertahanan kedua negara akan terus meningkat di masa yang akan datang dari yang telah terjadi saat ini, seperti di bidang pendidikan serta pelatihan seperti Pertukaran Perwira Staf dan Komando Pelayanan maupun Operasi atau Latihan Safkar Indopura.

# TAGAR   :  
EDITOR :
Bagikan Berita Ini :