• HOME
  • DUNIA
  • Kebakaran Kilang Minyak di Kuwait, 2 Karyawan Tewas, 5 Terluka Parah

Kebakaran Kilang Minyak di Kuwait, 2 Karyawan Tewas, 5 Terluka Parah


Laporan : Sultan Nabil Herdiatmoko
Jumat, 14 Januari 2022 - 22:19

Petugas pemadam sedang memadamkan api di unit likuifikasi gas no.32 di Kilang Minyak Mina al-Ahmadi, Kuwait, Jumat (14/1) /Net

Kebakaran terjadi di kilang minya kilang minyak Mina al-Ahmadi, Kuwait selama pekerjaan pemeliharaan di kilang minyak utama pada Jumat siang (14/1). Dua pekerja dilaporkan tewas dan 10 orang lainnya terluka.

Peristiwa ini adalah kebakaran kedua dalam kurun tiga bulan di kilang minyak yang dikelola Perusahaan Minyak Nasional Kuwait (KNPC) itu. Pada Oktober 2021, ledakan terjadi di fasilitas tersebut yang menyebabkan sejumlah pekerja dirawat akibat luka bakar ringan dan sesak nafas.

KNPC mengatakan kebakaran terjadi di unit pencairan gas No.32, dimana unit tersebut adalah unit yang sudah tidak layak pakai. 10 pekerja terluka dalam kebakaran itu, lima pekerja dirawat di rumah sakit terdekat karena luka bakar parah dan dua lainnya mengalami luka bakar sedang. Yang lainnya menerima perawatan di klinik terdekat.

KNPC kemudian mengatakan bahwa lima orang dengan luka bakar parah dipindahkan ke rumah sakit lain dalam kondisi kritis. Api kini telah padam dan operasi di kilang tidak terpengaruh karena unit itu sudah tidak digunakan.

Menteri Perminyakan Kuwait Mohammed al-Fares dan eksekutif puncak lainnya dari perusahaan milik negara mengunjungi kilang setelah kebakaran. Fares dan anggota pemadam terlihat berdiri di depan lokasi ledakan untuk foto yang dibagikan oleh akun Twitter KNPC.

Kilang ini dibangun untuk menangani 25.000 barel minyak per hari dan bertugas  memasok pasar domestik dengan bensin dan solar. Fasilitas itu baru diperluas untuk mengurangi emisi dan meningkatkan kapasitas menjadi 346.000 barel per hari.

Kuwait, negara berpenduduk 4,1 juta orang dengan cadangan minyak terbesar keenam di dunia.

# TAGAR   :  
EDITOR :
Bagikan Berita Ini :