• HOME
  • DUNIA
  • Indonesia Harus Lawan Islamofobia dengan Beri Peringatan ke Swedia

Indonesia Harus Lawan Islamofobia dengan Beri Peringatan ke Swedia


Laporan : Arkan Yasin
Senin, 23 Januari 2023 - 15:50

Ekstremis sayap kanan Swedia, Rasmus Paludan, melakukan aksi pembakaran Al Quran di depan kantor Kedutaan Besar Turki di Stockholm pada 21 Januari 2023. /Net

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim, mengatakan, Pemerintah Indonesia harus melawan Islamofobia dengan memberikan peringatan ke Swedia.

Indonesia harus mengambil tindakan tegas terkait aksi pembakaran kitab suci Alquran oleh ekstremis sayap kanan Swedia, Rasmus Paludan di depan kantor Kedutaan Besar Turki di Stockholm pada Sabtu (21/1) lalu. 

MUI juga mendesak agar perwakilan Swedia di Jakarta untuk memberikan penjelasan atas aksi yang dinilai penuh kebencian tersebut.

"Saya meminta kepada Duta Besar Swedia untuk Indonesia agar menyampaikan penjelasan secara terbuka terkait dengan kasus ini dan berjanji akan menindak dan menghentikan seluruh bentuk ekstremisme," kata Sudarnoto dalam keterangannya pada Senin (23/1).

Sudarnoto juga mendesak agar Kementerian Luar Negeri RI mengambil langkah tegas agar memberikan peringatan kepada pemerintah Swedia.

"Berikan peringatan kepada Dubes Swedia agar pelaku ditindak dan pemerintah Swedia harus beritikad baik untuk lawan Islamofobia," kata dia.

"Jangan sampai hubungan persahabatan Swedia-Indonesia ini terganggu karena kasus ini dibiarkan," ujar dia.

Dalam keterangan tersebut, Sudarnoto menyebut pemerintah Swedia dinilai telah melakukan pembiaran atas aksi tidak beradab Paludan karena insiden yang sama kerap terjadi.

# TAGAR   :  
EDITOR :
Bagikan Berita Ini :