• HOME
  • DUNIA
  • Festival Makarsankanti Saat Lonjakan Covid-19, Ratusan Ribu Umat Hindu Mandi di Sungai Gangga

Festival Makarsankanti Saat Lonjakan Covid-19, Ratusan Ribu Umat Hindu Mandi di Sungai Gangga


Laporan : Sultan Nabil Herdiatmoko
Jumat, 14 Januari 2022 - 21:31

Ratusan ribu umat Hindu bersiap untuk mandi sudi di Sungai Gangga, India, Jumat (14/1).Net

Ratusan ribu umat Hindu berkumpul memperingati festival Makarsankranti di tepi Sungai Gangga, India pada Jumat (14/1). Mereka melakukan mandi suci untuk menghapus dosa.

Ribuan orang berkumpul saat India menghadapi peningkatan 30 kali lipat kasus Covid-19 dalam sebulan terakhir. Umat Hindu percaya mandi di sungai suci Gangga pada 14 Januari dapat menghapus dosa.

Sejumlah besar umat sedang berenang di sungai suci yang mengalir melalui negara bagian Benggala Barat bagian timur. Benggala barat dilaporkan memiliki jumlah kasus terbanyak di negara tersebut setelah negara bagian Maharashtra di bagian barat.

Di negara bagian utara Uttar Pradesh, ribuan umat, sedikit yang memakai masker, memadati tepi sungai di kota suci Prayagraj.

"Saya tidak bisa bernapas dengan masker," ujar Ram Phal Tripathi, yang datang bersama keluarganya dari sebuah desa di negara bagian Uttar Pradesh, setelah keluar dari sungai.

"Setiap tahun saya datang untuk berenang suci. Bagaimana saya bisa melewatkannya tahun ini?" tambahnya.

India kembali menghadapi lonjakan kasus virus corona, sebagian besar didorong oleh varian Omicron yang sangat menular, tetapi rawat inap rendah, dengan kebanyakan orang pulih di rumah.

Para dokter tidak berhasil mengajukan banding ke pengadilan tinggi negara bagian Benggala Barat untuk membatalkan keputusan untuk mengizinkan festival tahun ini, Mereka khawatir acara itu akan menjadi pusat penyebaran virus.

Tahun lalu, acara keagamaan besar di India utara berkontribusi pada rekor peningkatan kasus virus corona.

Pada hari Jumat (14/1), kementerian kesehatan melaporkan 264.202 kasus baru dalam 24 jam terakhir. Angka kematian meningkat menjadi 315 kasus. Dengan demikian, di India tercatat total kasus sebesar 36,58 juta dengan 485.350 kasus kemantian.

# TAGAR   :  
EDITOR :
Bagikan Berita Ini :