EVU 01, Mobil Listrik Buatan Mahasiswa Unila


Laporan : RMOLNETWORK
Kamis, 13 Januari 2022 - 12:09

Peluncuran mobil listrik buatan mahasiswa teknik Unila./RMOL Lampung./dok

Prototipe mobil listrik karya mahasiswa fakultas teknik Universitas Lampung (Unila) resmi diluncurkan. Kendaraan yang diberi nama Electric Vehicle Unila (EVU 01) itu diharapkan dapat menjadi mobil sustainable masa depan.

Ketua Tim Mobil Listrik Unila, Martinus mengatakan, rangka dan bodi EVU 01 ini banyak menggunakan material sustainable seperti serat bambu, sawit, dan ijuk. Selain memanfaatkan daya listrik, mobil ini juga bisa memanfaatkan panel surya sebagai pemasok daya sekunder.  

"Mobil listrik ini dapat menggerakkan beban hingga 1,5 ton. Baterai dapat bertahan 2-3 jam dengan jarak tempuh 50 kilometer per jam," kata Martinus, seperti dikutip Kantor Berita RMOL Lampunng, Kamis (13/1).

Diceritakan Martinus, gagasan menciptakan mobil listrik ini mulai tahun 2015. Tim memulai dua proyek kendaraan, yakni  mobil listrik dan mobil hemat bensin.

“Setiap tahunnya kami selalu membuat inovasi kendaraan untuk kontes mobil hemat energi, hingga saat ini kami kembangkan mobil listrik ini," ujarnya.

Rektor Unila, Prof Karomani mengatakan, prototipe buatan fakultas teknik ini akan terus dikembangkan. EVU 01 ini akan diuji coba dan jika layak akan dikembangkan menjadi produksi skala industri yang dikomersilkan.

“Kalau betul-betul bagus, kita akan produksi massal dengan melibatkan dunia industri,” ujar dia.

Karomani mengatakan, ke depannya, Unila ingin lingkungan kampusnya bebas kendaraan berbagan bakar fosil.  “Nanti secara bertahap Kita sediakan sepeda dan mobil seperti ini," jelasnya.

Pengembangan mobil listrik ini juga sejalan dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) tentang produksi dan konsumsi yang berkelanjutan terutama untuk konsumsi energi dan isu perubahan iklim.

# TAGAR   :  
EDITOR :
Bagikan Berita Ini :