• HOME
  • EKONOMI
  • Direktur Sido Muncul Dorong UMKM Maksimalkan Potensi Rempah Di Indonesia

Direktur Sido Muncul Dorong UMKM Maksimalkan Potensi Rempah Di Indonesia


Laporan : RMOLNETWORK
Kamis, 22 April 2021 - 11:17

foto/rmoljateng

Potensi rempah-rempah di Indonesia sangat besar. Namun belum banyak yang memanfaatkan secara maksimal. Untuk itu, diharapkan UMKM yang ada di Indonesia bisa memanfaatkan potensi tersebut secara maksimal.

Hal tersebut disampaikan Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul TBk. Irwan Hidayat seperti dilansir dari Kantor Berita RMOLJateng, Kamis (22/4).

"Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan rempah-rempahnya. Kalau bicara rempah, Indonesia ini sudah terkenal di dunia. Menurut saya yang diperlukan untuk UMKM, menjual bahan baku dikeringkan sesuai standar pabrik, jangan lupa di cuci sampai bersih," terang Irwan Hidayat.

Irwan Hidayat juga berpesan, UMKM juga harus memperhatikan kemasan yang digunakan.

"Kemas produk yang hendak dijual dengan rapi. Kalau bisa sesuaikan dengan ukuran yang diingikan pembeli misal 10, 50 atau 100 kilogram," pesan Irwan.

Lebih jauh Irwan juga mengatakan,  perlunya meningkatkan kualitas rempah Indonesia agar mampu bersaing di pasar ekspor.

"Rempah-rempah merupakan komoditas yang begitu menjanjikan untuk diekspor. Terlebih, Indonesia dikenal sebagai salah satu penghasil rempah-rempah nomor satu," ujarnya.

Namun sayangnya lanjut Irwan, potensi besar tersebut tidak diimbangi dengan riset pertanian agar tanaman rempah memiliki kualitas jempolan.

"Kami berharap ada ide-ide penelitian tentang tanaman, bagaimana mendapatkan tanaman dengan bibit yang unggul dan kualitas baik. Jadi kalau ada ide penelitian, idenya itu kami terima dan kami kembangkan,” jelasnya.

Lebih jauh Irwan mengatakan, jika kualitas rempah meningkat bukan hanya pasar dalam negeri yang tertarik untuk membeli, namun pembeli-pembeli dari luar negeri juga akan datang.

"Tapi kalau negeri ini terkenal dengan bahan bakunya yang bagus, maka pembelinya bukan dari Sido Muncul saja. Nanti pembelinya itu dari seluruh dunia," tutup Irwan Hidayat.

# TAGAR   :  
EDITOR :