Deadline Pemerintah, Februari Sudah Ada Kepastian Soal Ibadah Haji


Laporan : RMOLNETWORK
Selasa, 18 Januari 2022 - 12:39

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas/RMOL

Pemerintah Indonesia mentargetkan pada Februari 2022 sudah ada kejelasan dari pemerintah Arab Saudi tentang penyelenggaran ibadah haji.Itu adalah batas maksimal untuk menyiapkan keberangkatan perdana jemaah asal Indonesia yang diasumsikan pada 5 Juni.

Kepastian tentang pelaksanaan ibadah haji kembali mengemuka mengingat kondisi penyebaran Covid-19 yang kembali melonjak tinggi di Arab Saudi maupun di tanah air. Muncul kekhawatiran Arab Saudi akan kembali meniadakan pelaksanaan ibadah haji.

Target pemerintah itu disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/1).

“Kalau target, kita punya target. Mudah-mudahan bulan depan, di Februari, ada kejelasan," kata Yaqut.

Menag menambahkan, hingga saat ini otoritas Arab Saudi belum memberikan kepastian soal penyelenggaraan ibadah haji 1443 Hijriah/2022 Masehi. Meski pemberangkatan jemaah haji asal Indonesia sudah tertunda selama dua tahun.

Sembari menunggu kepastian, Kementerian Agama tetap terus menyiapkan segala kemungkinan pemberangkatan calon jemaah haji lewat tiga skema. Yakni kuota penuh, kuota terbatas, maupun tidak memberangkatkan sama sekali.

"Persiapan kita lakukan agar ketika apapun keputusan nanti yang diberikan terkait ibadah haji, kita semua sudah bisa siap melaksanakannya, baik itu dilaksanakan secara penuh, terbatas, maupun tidak sama sekali," tandas Menag.

# TAGAR   :  
EDITOR :
Bagikan Berita Ini :