• HOME
  • DUNIA
  • AS Berduka, 14 Siswa dan 1 Guru Tewas di Aksi Penembakan SD di Texas

AS Berduka, 14 Siswa dan 1 Guru Tewas di Aksi Penembakan SD di Texas


Laporan : Arkan Yasin
Rabu, 25 Mei 2022 - 08:50

Pengibaran bendera setengah tiang di Amerika Serikat (AS) sebagai penghormatan kepada korban serangan di Robb Elementary School, Texas. /Getty Images

Amerika Serikat (AS) berduka dan mengibarkan bendera setengah tiang sebagai penghormatan kepada para korban tewas dalam penembakan di sebuah sekolah dasar (SD) di Texas, Selasa (24/05).

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang di Gedung Putih dan tempat-tempat umum lainnya hingga Sabtu (28/05).

"Dengan ini saya memerintahkan agar bendera Amerika Serikat dikibarkan setengah tiang di Gedung Putih dan di semua gedung dan lapangan umum, di semua pos militer dan stasiun angkatan laut, dan di semua kapal angkatan laut Pemerintah Federal di Distrik Kolombia dan di seluruh Amerika Serikat serta Wilayah dan miliknya hingga matahari terbenam, 28 Mei 2022," kata Joe Biden dalam pernyataan yang dirilis Gedung Putih dikutip dari RMOL.ID, Rabu (25/05).

Selain itu, pengibaran bendera setengah tiang juga dilakukan di semua kedutaan besar, kantor konsuler, hingga fasilitas militer AS di luar negeri untuk jangka waktu yang sama. Termasuk juga kapal angkatan laut.

Sekretaris Pers Gedung Putih, Karine Jean-Pierre, mengatakan, Joe Biden telah diberikan informasi terkait insiden berdarah di Robb Elementary School di Uvalde, Texas.

"Doanya bersama keluarga yang terkena dampak peristiwa mengerikan ini, dan dia akan berbicara malam ini ketika dia tiba kembali di Gedung Putih," kata Jean-Pierre.

Penembakan yang terjadi di sekolah dasar itu telah menewaskan 14 siswa dan seorang guru. Sementara pelaku, remaja 18 tahun yang membawa senjata juga tewas ketika polisi merespons serangan.

Gubernur Texas Greg Abbott mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan otoritas untuk menyelidiki insiden tersebut.

Ini adalah serangan paling mematikan sejak penembakan di SMA Marjory Stoneman Douglas 2018 di Parkland, Florida, di mana 17 orang tewas.

# TAGAR   :  
EDITOR :
Bagikan Berita Ini :