• HOME
  • DUNIA
  • Ambisi China Ingin Satukan Taiwan, Bikin Khawatir AS

Ambisi China Ingin Satukan Taiwan, Bikin Khawatir AS


Laporan : Arkan Yasin
Jumat, 21 Oktober 2022 - 13:56

Ilustrasi China berambisi satukan Taiwan. /Net

Ambisi Presiden China Xi Jinping yang ingin menyatukan kembali negara kepulauan demokratis Taiwan dengan pemerintahan komunisnya menimbulkan kekhawatiran Amerika Serikat (AS).

Kepala Operasi Angkatan Laut AS, Laksamana Michael Gilday, meminta Washington untuk mulai mempersiapkan diri dalam menghadapi skenario terburuk dari Beijing. Hal ini sebagai sebuah upaya preventif yang bisa dilakukan saat ini. 

"Bukan hanya apa yang dikatakan Presiden China, tetapi bagaimana mereka berperilaku dan apa yang mereka lakukan. Xi Jinping mungkin jauh lebih siap dari yang diperkirakan sebelumnya untuk merebut Taiwan," kata Gilday seperti dimuat The Defense Post, Kamis (20/10).

Bukan tanpa alasan, imbauan Gilday untuk AS merupakan hasil pertimbangan dan kekhawatiran yang merujuk pada janji Xi untuk menguasai Taiwan pada 2027 mendatang.

"Apa yang telah dilihat selama 20 tahun terakhir adalah bahwa mereka telah memenuhi setiap janji yang telah mereka buat lebih awal dari yang mereka katakan akan mereka tepati," jelas dia.

"Jadi ketika kita berbicara tentang target 2027 dalam pikiran saya, itu pasti dimulai 2022 atau berpotensi juga di tahun 2023,” kata Gilday.

Taiwan memang bukan sekutu perjanjian AS namun negara itu terikat untuk hukum untuk terus menjual senjata pertahanan ke Taipei agar dapat melindungi diri dari tindakan agresif Beijing.

Sikap Beijing yang telah lama menginginkan penyatuan Taiwan secara damai kian berubah ke arah tindakan keras sejak Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, mengunjungi negara kepulauan tersebut beberapa bulan yang lalu.

# TAGAR   :  
EDITOR :
Bagikan Berita Ini :